Sabtu, 01 Agustus 2015

Tugas kuliah kadang membuat kita sakit kepala. Bagaimana tidak, rasanya belum selesai satu tugas sudah ada tugas lain yang menunggu di belakangnya. Waktu yang terbatas memaksa kita sedikit berimprovisasi, agar segala tugas selesai sebelum waktu tenggat yang disepakati.

Yang namanya anak kuliahan memang harus mandiri dengan mengerjakan semua kebutuhannya seorang diri. Nyuci sendiri, makan nggak ada yang nyiapin, dan beres-beres kamar pun sendiri. Misalnya saja jika ada pakaian yang harus dibawa ke laundry, maupun motor yang mesti diservis ke bengkel, semuanya harus kamu kerjakan terlebih dulu sebelum memulai mengerjakan tugas kuliah. Hal-hal yang terlihat sepele ini justru secara tak langsung akan sedikit banyak memenuhi pikiranmu. Jika semuanya telah beres, akan ada perasaan puas dan lega di dalam hatimu. Kamu pun akan semakin semangat untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang menggunung. kerasnya hidup kuliah tak akan ada artinya kalo kita tidak pernah mengambil hikmah dibalik semuanya..

Jati diri, jiwa yang mandiri, tangguh secara tidak sengaja akan kita temukan pada kondisi-kondisi seperti ini, management yang baik tentunya sangat kamu perlukan, bagaimana tidak! setiap hari ada saja tugas-tugas kuliah yang diberikan dosen, belum lagi proposal program kerja, rapat kepanitiaan semuanya akan menyita waktu bahkan sangat melelahkan kalau kita tak mampu memanage waktu dengan baik.. dengan ini pula kita belajar untuk tangguh, belajar tanpa mengelu tentunya ini salah satu hal yang paling berbeda tentunya antara mahasiswa dan bukan mahasiswa..

Dibalik kesibukan dan aktifitas yang dapat membuat jenuh tentu ada hal-hal yang harus kita lakukan untuk kembali menyegarkan pikiran yang sudah mulai jenuh, stress bahkan bosan.

1. Bermainlah dan mengajar anak-anak
                                                               
Mengajarkan belajar anak-anak memang butuh kesabaran yang luar biasa karena sifatnya yang selalu ingin bemain-main, tapi justru jika kita mengajarkan sambil bermain tentunya anak-anak akan lebih senang, akan banyak hal yang kita dapatkan selain bisa merefreh kembali pikiran-pikiran jenuh dengan tugas kuliah maka tak ada salahnya hal ini patut kamu lakukan dengan banyak berkumpul dengan anak-anak, suasana bermain, tertawa, canda akan membawa pada kebahagiaan psikis kita. melihat kepolosan dari sosok anak-anak kecil, tingkah lakunya yang menggemaskan serta cara bicara yang akan membuat kita tertawa bermain dengan mereka. Hal itulah yang menarik dari sisi mereka sehingga membuat seluruh kejenuhan dalam pikiran akan terlupakan sejenak sebelum melanjutkan pada aktifitas yang cukup menjenuhkan dan tentunya dengan hati dan jiwa yang sudah pulih kembali segala pekerjaan akan terasa ringan.

2. Hiking
Aktifitas panjat gunung atau hiking merupakan hal yang paling digemari bagi para petualang, yah siapa sangka banyak mahasiswa yang menyukai kegiatan ini. dibalik sela-sela kesibukan yang menjenuhkan pikiran maka hiking merupakan alternatif kegiatan yang sangat menyenangkan dan melupakan sejenak aktifitas kampus yang sangat rumit dan bertubi-tubi. ada banyak hal yang bisa didapatkan, selain bersyukur atas kuasa Allah yang sangat luar biasa menciptakan alam ini, dan tentunya bangga bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan kekayaan alam yang patut dilestarikan. lelah mendaki merupakan kebahagiaan tatkala sampai pada puncak gunung melihat seluruh isi alam ini, beserta keindahan diatas awan, melihat matahari yang siap bekerja seperti biasanya.
3.Membaca komik
Membaca komik menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan saat pikiran sudah penuh dengan rasa kebosanan, ada banyak cerita yang terkandung dalam komik sehingga seakan-akan kita terbawa oleh dunianya, ada perasaan emosi tertentu yang akan membawa kita kedalam dunia cerita komik, perasaan emosi tertawa, penasaran, geram, sedih yang akan membuat kita menjadi seperti orang gila mengikuti irama alunan perasaan emosi tersebut, yang terpenting tidak kebablasan sehingga melupakan kewajiban yang harusnya kita selesaikan, segala bentuk yang baik akan menjadi baik selama kita tidak pernah berlebihan dalam menyikapinya.
4. berendam air hangat
Tidak hanya menyegarkan tubuh tetapi juga mengembalikan kelenturan otot-otot yang sudah terasa kaku setelah sekian banyak kita gunakan demi menjalankan aktifitas-aktifitas yang bertubi-tubi datangnya, selain itu air hangat juga dapat membantu untuk menghilangkan stres. kesegaran tubuh perlu kita utamakan karenanya tubuh kita bukanlah robot yang tak pernah merasakan sakit, ada waktu yang harus kita sediakan untuk memanjakan tubuh untuk memberikan haknya.
5. hangout
Hangout Hang out adalah aktifitas yang sangat menyenangkan, saat melakukan aktifitas ini, siapapun akan merasanak bahagia karena kita sadar bahwa kita punya banyak temen yang siap berbagi, kita punya sahabat yang siap membantu setiap kesulitan kita, pada saat itu pula kita akan merasakan bahwasanya hidup kita sangat berwarna, penuh gelak tawa, canda dan pastinya gak akan pernah merasa kesepian.

Banyak tempat yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk hang out bersama teman, tetapi tentunya hemat jauh lebih baik untuk menjadi priritas, hemat soal tempat. Disadari atau tidak, ketika memilih mengundang teman-teman kerumah, kamu sudah menghemat satu hal yakni tak perlu membayar mahal untuk tempat hangoutmu. Tentunya kamu bisa leluasa menentukan menu apa yang ingin disantap atau masak bersama? It's so fun!

Masaklah dengan porsi yang cukup banyak, kalau bisa juga dibawa pulang oleh semua sahabat yang kita undang. Kita bisa bersenang-senang saat masak bareng. Hematnya lagi jika membeli bahan dalam jumlah banyak dan kita bisa patungan. Ssst, kamu juga boleh manfaatin momen ini untuk mencoba menu baru yang kamu gak berani coba sendiri karena cara memasaknya yang rumit. Pasti seru!

banyak hal lain yang mungkin bisa kamu lakukan saat merasakan kejenuhan yang membuat kamu stress dengan semua aktifitas, tugas baik kuliah, organisasi maupun pekerjaan lainnya. ada banyak cara pula yang tentunya kamu lakukan karena pada dasarnya setiap mahasiswa punya keunikan tersendiri dalam menghadapi masalahnya. yang terpenting kita bisa memberikan hak pada tubuh kita untuk memberikan istirahat yang cukup dan udara yang segar untuk mengembalikan jiwa-jiwa semangat dalam kuliah. karena ini merupakan amanah utama yang harus kita laksanakan, percuma jauh-jauh merantau ke kota orang jika tak ada hasil yang bisa kita dapatkan.

02.41 No comments » by Unknown
Posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Blogroll

Pages

About